When We Connect, We Connected

Era modern adalah era yang serba cepat. Mulai dari industri, pemungutan suara hingga makanan makanan siap saji. Akibatnya perspeksi terhadap waktu turut mengalami perubahan. Betapa 24 jam era sekarang sudah tidak terasa selama dulu, kala internet, peranti smartphone dan televisi yang menawarkan ratusan channel belum ditemukan. Saya lahir dan menjadi remaja tanpa internet, kala itu 24 jam sama dengan berjam jam bermain petak umpet dan berpuluh puluh buku komik. Tak heran jika saya kecil selalu merasa keberhasilan berpuasa sehari penuh adalah sesuatu yang wajib dirayakan dengan rengekan rengekan baju baru di hari raya.
Kini saya selalu bersinggungan dengan internet dan peranti komunikasi. Kebutuhannya menjadi semakin besar sebab kini saya bekerja di televisi. Saya tak segan ‘menagih’ informasi dari orang lain melalui kedua media itu kapanpun di manapun. Pun sebaliknya, rekan kerja, klien dan siapapun menjadi berhak untuk menuntut informasi tersebut melalui kanal telepon, sms, email, BBM, apapun.
Semua yang serba cepat ini membuat saya menyayangkan lantaran saya tidak sempat berada di sebuah masa di mana saya bisa berkata “Mohon ditunggu hingga Senin saat kantor kami kembali beroperasi” atau “Balasan surat akan saya kirimkan melalui pos besok hari” kala kebutuhan atas informasi itu dipertanyakan. Kini kealpaan dari sebuah radar telekomunikasi adalah sebuah kesalahan. Tidak ada lagi alasan yang cukup untuk menutup keterlambatan sebuah informasi.
Era modern tidak lagi menawarkan ruang untuk menyendiri. Untuk menjadi benar benar sendiri. Kini mustahil untuk menghilang dari kanal kanal telekomunikasi, untuk menarik diri dari bising informasi. Saya hanya tersenyum kecil saat menemui diri saya sendiri yang kerepotan mengetik e-mail balasan pada suatu Minggu pagi, di tengah tengah pasar tradisional, dan sejurus kemudian mengingat ingat kapan saya benar benar terputus dari dunia luar.
Because when we connect, we connected.
https://i2.wp.com/farm5.staticflickr.com/4001/4616675243_48c0eb31da_z.jpg
taken from here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s