Magnum Opus of Layers of Fear

http://vignette2.wikia.nocookie.net/steamtradingcards/images/b/bd/Layers_of_Fear_Logo.jpg/revision/latest?cb=20150829052843
official poster for LoF

“Kan nyebelin”

Adalah kalimat pertama yang terlontar setelah selama dua jam penuh bungkam (selain kata “Ahh!” “Fuck” “MAMAAAAAA”) saat menjajal jualan baru Steam yang rilis pada 15 Februari 2016 ini.

Layers of Fear adalah game PC/console untuk PS4 (powered by Aspyr) dengan storyline yang baik. Dibanding game dengan genre serupa (Wick, Slenderman, Inside) LoF jelas menawarkan grafis yang huwow dan tidak membosankan.

Dalam bermain game adventure dengan single-point of view begini kita biasanya bakal membuat mental map seperti “Oh abis dari ruang tamu kita bakal ke dapur, ntar abis dari dapur kita ke kamar” dst dst. Lupakan soal itu di game ini. RUMAHNYA BISA MINDAH MINDAH RUANGAN SENDIRI KAN EEK.

Aku abis naik ke attic, buka pintu eh yang muncul malah kamar di lantai dasar. Abis dari basement tiba tiba ada di kamar tidur. Belum lagi beberapa kali ketemu ruangan kosong dengan empat sudut tanpa pintu yang abis diputari sekali, langsung madep ke ruang tengah! Kondisi ruangan yang acak menambah greget(an) LoF. Sayang PewDiePie belum merilis Let’s Play video soal LoF. Kan lumayan buat bahan ketawa :))

Buatku, bermain dengan metode “Ah beli terus main aja ah” tanpa ikutan heboh di forum atau mencoba mencari tau soal game ini sebelumnya itu lebih menarik sebab banyak unsur kejutan yang engga spoiled di gamenya.

Misi player sederhana, mengitari rumah yang ada setannya sambil mencari item demi item buat mengupas layers dari lukisan paling mutakhir bikinan si pelukis yang mengidap schizophrenia, alcohol and abusive issues. Indikatornya adalah lemari dengan laci laci terkunci di ruangan kerja si pelukis yang satu per satu kebuka seiring ditemukannya petunjuk.

Permainan dari schizophrenia world-nya hantu pelukis juga menarik. Bisa masuk ke dunia kubism, nembus kaca, mendengarkan gumam si setan (God I want to have an Oculus) dst dst. Sayangnya aku bermain lewat windows laptop jadi sering lag dan mouse-nya liar banget yawla.

Overall LoF keren. Grafis, gameplay dan alur di atas rata rata, setidaknya LoF membuatku betah bermain sampai habis dan dimakan setan karena dimanjakan tiga unsur tadi. Dan adalah kesalahan bermain di malam Senin sebab akhirnya fase tidur-kebangun jadi kek cicilan KPR. Banyak banget.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s