Tentang Jarak

Aku rasa tuhan mencatat setiap kata rindu yang aku sebut untukmu dan mengubahnya menjadi pendar cahaya. Karenanya malam ini langit seolah menyala sebab aku sedang rindu rindunya.

Aku kira aku cukup veteran soal hubungan jarak jauh. Aku kira aku telah cukup hapal pada rutin, pola dan konsekuensi atas penghambaan pada minimnya frekuensi bertemu dan komunikasi. Yang tabah akan menang, yang gegabah akan kalah.

Namun jika ini soal menang dan kalah, aku ingin menaruh semua jatah keberuntungan yang aku punya agar aku tidak kalah terhadap situasi ini. Sebab ia perlahan membuatku kembali pada kenyataan soal:

Ini cuma soal menunggu siapa yang lebih dulu kalah pada jarak.

Hampir seribu kilometer menujumu, dan aku mulai kesal karena untuk sekadar bertemu ia harus menjadi perkara paling mewah di hubungan ini. Lalu diam-diam menaruh iri pada yang bisa menuntaskan rindu semudah menyalakan sepeda motor dan berkendara pelan selama sepuluh menit. Iri pada setiap resah yang ditenangkan dengan genggaman, pada setiap tangis yang redam dalam pelukan. Perkara sesederhana ini mengapa harus menjadi mewah sekali?

Lalu entah mengapa segalanya terasa sendu. Kebersamaan beberapa hari akan berganti pada sehari, dua hari, seminggu, berminggu minggu tanpa temu. Kembali bertemu untuk kemudian berpisah kembali dalam rentang waktu tidak tentu. Begitu seterusnya sampai… kapan? Dengan naifnya aku memandang hal ini melalui perspektif ini cukup kok, yang penting kan saling sayang namun ia perlahan terasa menjemukan, dan sedih sekali untuk menyadari bahwa hal itu saja tidak cukup, aku ingin lebih.

Aku ingin bertemu.

haruki-murakami-quote-lbu8l6b.jpg

Sampit, 30 September 2019

Sekarang beritahu aku, sampai kapan jarak ini mampu mengingkari waktu? 

Author: nanirigby

A Wanderer who constantly asking about "Why?"

4 thoughts on “Tentang Jarak”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s